Tesla Pamer Robot “Optimus”, Bisa Antar Barang dan Siram Tanaman

masihnyata.com – Pada ajang Tesla AI Day 2021 lalu, produsen mobil listrik Tesla memamerkan sebuah konsep robot mirip manusia (humanoid) yang bisa melakukan beragam hal.

Konsep robot tersebut didemonstrasikan dengan seorang manusia yang menggunakan kostum menari-nari di atas panggung.

Kini dalam ajang Tesla AI Day 2022 yang digelar akhir September 2022, konsep robot tersebut akhirnya diwujudkan dalam sebuah prototip robot nyata yang bernama “Optimus”.

“Tahun lalu kami menunjukkan orang berkostum yang memperagakan kemampuan robot kami. Namun kini kami akan menunjukkan sesuatu (robot betulan) yang tentunya bakal lebih mumpuni,” ujar CEO Tesla, Elon Musk, dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (4/10/2022).

Tak hanya mengumumkan robot Optimus, Musk juga turut memamerkan desain dan kemampuan robot tersebut di atas panggung Tesla AI Day 2022.

Dalam sesi demonstrasi, bisa dilihat bahwa robot Optimus bisa berjalan dengan bebas di atas panggung tanpa disambung dengan kabel.

Selain itu, robot Optimus juga bisa menggerakkan semua jarinya dengan bebas, serta melambaikan tangannya kepada para tamu yang hadir.

Dalam sebuah video yang ditayangkan dalam acara, robot Optimus juga terlihat bisa melakukan beragam hal yang biasa dilakukan manusia sehari-hari.

Di antaranya seperti mengantarkan paket, menyiram tanaman, membongkar suatu barang, dan lain sebagainya.

Tidak disebutkan kapan robot Optimus bakal dirilis ke publik. Yang jelas, dalam beberapa tahun ke depan, robot ini akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa menjadi “teman” manusia dan melakukan berbagai hal dengan mulus.

Ketika sudah sempurna, robot ini, menurut Musk, lantas bakal diproduksi secara massal dan bakal dibanderol dengan harga puluhan ribu dolar AS.

“Kami merancang Optimus supaya bisa diproduksi dalam jutaan unit. Prediksi saya, robot ini mungkin bakal dibanderol sekitar 20.000 dolar AS (sekitar Rp 305 juta),” pungkas Musk.

Baca Juga :   Boeing Tertarik Pakai Minyak Jelantah Indonesia untuk Bahan Bakar Pesawat

Penasaran bagaimana aksi robot Optimus di atas panggung Tesla AI Day 2022? Anda bisa menyimak tayangan ulang ajang tahunan Tesla itu dalam video di tautan berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar