Sony Alpha 7R V Meluncur, Mirrorless Pertama Sony dengan Kecerdasan Buatan

masihnyata.com – Sony resmi memperkenalkan kamera mirrorless full-frame terbarunya, yaitu Sony Alpha 7R V. Kamera ini merupakan penerus dari Alpha 7R IV yang dirilis pada 2019 lalu.

Sebagai suksesor, kamera ini hadir dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya kamera ini diklaim sebagai kamera Sony pertama yang memiliki kemampuan pengenalan gambar berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Sony Alpha 7R V memiliki chip pemrosesan AI khusus yang dapat mengenali serta membedakan subjek tertentu, seperti hewan, serangga, bahkan benda mati seperti mobil.

Pemrosesan AI ini berguna untuk mendongkrak kemampuan autofokus Sony Alpha 7R V. Dengan AI, kamera bisa mengenali manusia berdasarkan postur dan 20 titik lacak. Sehingga kamera dapat menentukan mengenali di mana kepala atau mata subjek.

Sehingga, kamera akan tetap dapat melacak seseorang dan memastikan autofokus tetap berada di subjek yang tepat, meski subjek bergerak, berpaling, atau bahkan menghilang sejenak dari frame.

Dengan menggabungkan kemampuan pengenalan gambar berbasis AI dan prosesor gambar yang lebih baru, Sony mengklaim perangkat kameranya kali ini dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi dan memiliki fitur tahan guncangan yang lebih baik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Kamis (27/10/2022).

Spesifikasi Sony Alpha 7R V

Meski Sony Alpha 7R V tidak dibuat khusus untuk video, kamera ini bisa merekam video beresolusi 8K di 24fps atau 25 fps hingga 30 menit.

Kemampuan merekam video dengan resolusi 8K mungkin agak berlebihan, mengingat bahwa TV dengan resolusi 8K saat masih sangat sedikit dan jarang. Namun, dengan mengambil video resolusi 8K akan memberikan keleluasaan pada tahap pasca-produksi.

Baca Juga :   VIDEO: Menjajal Apple iPhone 14 Pro Max Deep Purple

Sony Alpha 7R V juga bisa merekam gambar 4K dengan frame rate 30 fps hingga 60 fps.

Dari segi desain dan tampilan, perangkat ini tidak banyak mengalami perubahan dari Sony Alpha 7R IV. Hanya saja, layar LCD seluas 3,2 inci tersebut kini dapat diputar 180 derajat untuk menghadap ke depan, berguna untuk melakukan vlog.

Sony Alpha 7R V juga dibekali layar sentuh dan beberapa penyesuaian tata letak tombol. Untuk slot kartu memorinya, kamera tersebut sudah mendukung kartu jenis CFexpress tipe A atau UHS-II.

Harga Sony Alpha 7R V

Kamera Sony Alpha 7R V akan mulai tersedia secara resmi pada Desember 2022 mendatang. Perangkat ini dijual seharga 3.900 dollar AS atau setara dengan Rp 60,7 juta (kurs Rp 15.582).

Sony Alpha 7R V baru akan tersedia di wilayah Amerika Utara pada Desember 2022 mendatang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar