Review realme narzo 20 Pro: Agak Tanggung Bila Dibandingkan realme 7

masihnyata.com – Setelah meluncurkan seri angka yaitu seri 7, realme melanjutkan kehadiran smartphone kelas menengahnya melalui narzo seri 20, tepatnya narzo 20 dan narzo 20 Pro. Seri Pro pada narzo yang kami uji memiliki SoC (system on chip), jumlah kamera utama, serta resolusi kamera swafoto yang lebih tinggi dibanding versi non-Pro. Dan harap dicatat bahwa penamaan realme dan narzo memang menggunakan huruf kecil.

Jika melihat spesifikasinya, realme narzo 20 Pro ini kelasnya masih beada di bawah realme 7 Pro. Namun SoC yang digunakan narzo 20 Pro sama dengan realme 7 (non-Pro). Uniknya, desain serta dimensinya pun sama persis. Bahkan, beberapa fiturnya juga demikian. Seri narzo memang hadir guna mengisi celah antara seri angka dengan seri C.

Namun, seri narzo kelasnya lebih mendekati seri angka dan jauh di atas kelas seri C yang menyasar entry-level. Sementara, perbedaan kelas antara seri angka dan seri narzo memang tidak jauh berbeda; keduanya diperuntukkan bagi kebutuhan bermain gim kelas terjangkau, mengandalkan baterai, serta mengedepankan multikamera.

Untuk kebutuhan bermain gim, SoC-nya menggunakan MediaTek Helio G95 yang mumpuni untuk kebutuhan menjalankan gim-gim populer saat ini. Cip itu dibuat menggunakan technology node 12 nm dengan dua Cortex-A76 sampai 2,05 GHz dan enam Cortex-A55 sampai 2 GHz. Sebagai cip bermain gim kelas menengah, kemampuannya cukup baik menjalankan gim-gim terkini seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact dengan frame rate yang nyaman pada pilihan detail medium.

realme narzo 20 Pro sendiri hadir dalam satu varian kapasitas memori utama 8 GB dan media simpan internal 128 GB. Kombinasi tersebut jelas sudah mencukupi untuk kebutuhan instalasi gim-gim terbaru yang memiliki ukuran besar, serta menyimpan banyak berkas foto atau video dengan resolusi tinggi.

Guna mendukung keasyikan bermain gim, layarnya hadir dengan refresh rate 90 Hz serta sampling rate 120 Hz yang menampilkan pergerakan lebih mulus dibanding refresh rate standar. Namun, untuk lebih menghemat konsumsi daya, realme menyediakan pilihan untuk berpindah refresh rate secara otomatis maupun manual antara 60 Hz dan 90 Hz.

Baca Juga :   Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max Terbaru September 2022

Ukurannya layarnya 6,5 inci dan punya resolusi Full HD+, tepanya 2.400 x 1.080 piksel. Layar ini sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass dengan versi yang tidak disebutkan. Sebagai tambahan, paketnya sudah menyertakan screen protector untuk perlindungan tambahan. Selain itu, dengan kamera depan 16 MP berimplementasi punch hole, menjadikan rasio layar realme narzo 20 Pro ini tinggi yaitu 90,5%.

Berbeda dengan narzo 20 yang memiliki bingkai kamera berbentuk kotak, pada versi Pro empat kamera belakangnya ditempatkan dalam satu bingkai yang tersusun secara vertikal. Masing-masing kamera tersebut secara berurutan terdiri dari resolusi 8 MP (ultralebar), 48 MP (utama), 2 MP (monokrom), dan 2 MP (makro). Lampu kilatnya ditempatkan di sebelah antara kamera ke-3 dan ke-4. Untuk perekaman videonya bisa mencapai resolusi 4K @ 30 fps. Adapun kamera swafotonya bisa merekam video sampai 1080p @ 30 fps.

Fitur dan hasil kamera utama realme narzo 20 Pro tidak jauh berbeda dengan realme 7 yang pernah kami uji. Di sini realme masih menampilkan fitur yang sama; senang bermain-main dengan warna. Ini terlihat dengan hadirnya fitur tambahan pada kamera utama. Terdapat fitur Chroma Boost yang menampilkan foto dengan hasil warna yang lebih kuat. Begitu pula pada mode malam; realme menyertakan efek warna baru yang terdiri dari empat pilihan yaitu Original, Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

Baterainya juga jadi keungulan lain dari versi Pro. Bukan dari sisi kapasitas, tetapi dari dukungan fast charging. Kalau berbicara kapasitas, baterai dengan 4.500 mAh ini memang lebih kecil dibanding versi non-Pro yang punya kapaitas 5.000 mAh. Namun, dukungan fast charging 65 W yang diadopsi versi Pro tidak dipunyai versi non-Pro. Dengan fitur yang disebut dengan SuperDart Charge, baterai mampu terisi penuh dengan cepat hanya dalam waktu 38 menit dari kondisi 0%.

Baca Juga :   Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A04s di Indonesia

Rahasia dari teknologi fast charging yang diadopsinya tersebut ada pada penggunaan baterainya. Biasanya pada sebuah smartphone, hanya ada satu baterai di dalamnya. realme narzo 20 Pro menggunakan dua baterai 2.250 mAh yang diisi secara bersamaan sehingga dapat mempercepat waktu charging.

Sementara, pada pengujian daya tahan menggunakan PCMark Battery Life yang menyimulasikan aktivitas standar, baterai mampu bertahan sampai lebih dari 10 jam. Kami juga coba memainkan PUBG Mobile yang lebih menguras daya selama 30 menit; baterai berkurang sekitar 8% saja.

Kesimpulan

Kami melihat posisi realme narzo seri 20 agak tanggung karena seri sebelumnya yaitu realme seri 7 punya spesifikasi dan fitur yang tidak jauh berbeda dan sedikit lebih unggul. Perbedaan harga beberapa ratus ribu rupiah memang jadi pertimbangan konsumen yang ingin lebih berhemat. Namun, secara umum, realme narzo 20 Pro cukup mumpuni bagi Anda yang butuh smartphone kencang di kelas menengah.

Plus: Performa baik, layar dengan refresh rate sampai 90 Hz, filter mode malam yang lebih beragam, baterai berkapasitas besar dan dukung fast charging 30 W.

Minus: Bodi terlihat kurang premium, masih banyak bloatware.

Hasil Uji

Spesifikasi

Belakang: 48 MP (f/1,8) + 8 MP (f/2,3, ultralebar) + 2 MP (f/2,4, monokrom) + 2 MP (f2,4, makro), LED flash, HDR; video 4K @ 30 fps, gyro-EIS

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar