Review NETGEAR Nighthawk AX8: Tampilan dan Spesifikasi yang Menarik

masihnyata.com – NETGEAR merupakan salah satu produsen yang rajin menelurkan perangkat jaringan dengan teknologi terbaru. Kali ini, NETGEAR menghadirkan Nighthawk AX8, sebuah wireless router yang sudah dilengkapi dengan standar terkini 802.11ax atau yang juga dikenal dengan Wi-Fi 6.

Secara spesifikasi, NETGEAR Nighthawk AX8 menggunakan dua pita operasi. Pita 2,4 GHz memiliki kecepatan teoritis maksimal sampai 1,2 Gbps, sedangkan pita 5 GHz sampai 4,8 Gbps. Kecepatan tersebut bisa didapatkan apabila Anda menggunakan perangkat yang mendukung Wi-Fi 6. Jika tidak, wireless router ini akan berfungsi selayaknya wireless router 802.11ac.

Untuk koneksi kabelnya, NETGEAR Nighthawk AX8 menyediakan porta RJ45 lebih banyak dari biasanya. Ada 6 porta RJ45 yang terbagi menjadi 1 porta WAN dan 5 porta LAN, yang semuanya mendukung gigabit. Dua dari porta LAN tersebut juga mendukung link aggregation. Sebagai tambahan, perangkat ini juga memiliki dua porta USB 3.0.

Selain spesifikasinya yang menarik, NETGEAR Nighthawk AX8 juga punya penampilan yang menarik dan berbeda dari wireless router umumnya. Ia punya bentuk seperti sebuah pesawat tempur dengan dua sayap besar yang berfungsi sebagai antena internal 4×4.

Untuk menjalankan berbagai fiturnya, NETGEAR Nighthawk AX8 ditenagai dengan prosesor quad core 64 bit dengan kecepatan 1,8 GHz. Untuk konfigurasi, wireless router ini menyediakan dua cara, yakni melalui panel kontrol web memanfaatkan web browser serta melalui aplikasi mobile Nighthawk untuk Android dan iOS.

Soal kinerjanya, NETGEAR Nighthawk AX8 punya kinerja yang mumpuni. Saat dipasangkan dengan perangkat yang mendukung Wi-Fi 6, wireless router ini bisa memberikan kecepatan rata-rata sekitar 147 Mbps pada pita 2,4 GHz dan 579 Mbps pada pita 5 GHz. Sementara, saat dihubungkan dengan perangkat yang menggunakan standar 802.11ac, ia bisa memberikan kecepatan rata-rata sekitar 131 Mbps dan 570 Mbps.

Baca Juga :   Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai Panel Eco Square OLED, Apa Istimewanya?

Kesimpulan

Canggih, itulah kesan keseluruhan penulis terhadap NETGEAR Nighthawk AX8. Selain mendukung koneksi Wi-Fi 6, ruter nirkabel ini juga memiliki penampilan yang sangat keren dan unik. Jika Anda memiliki dana untuk menebusnya, NETGEAR Nighthawk AX8 layak untuk dipilih. (Steven Irwandi)

Plus: Kinerja baik, ada aplikasi mobile, tampilan keren

Minus: Bodi besar, harga tinggi

Spesifikasi

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar