Review Logitech MX Keys Mini: Kibor Ringkas, RIngan, dan Premium

masihnyata.com – Bagi Anda yang ingin mencari kibor eksternal, Logitech menghadirkan pilihan menarik, salah satunya melalui Logitech MX Keys Mini. Hal pertama yang bikin menarik adalah fisiknya yang mungil dan tampilannya yang premium.

Penamaan seri Mini sendiri menegaskan versi yang lebih kecil dari seri sebelumnya yaitu MX Keys. Jika MX Keys memiliki dimensi 100%, versi Mini punya dimensi 75%. Dimensi yang lebih kecil ini jelas membuat bodinya tidak hanya ringkas tapi juga ringan.

Dengan bobot hanya sekitar 500 gram, Anda bisa menggenggamnya hanya menggunakan satu tangan. Dimensi dan bobot itu juga membuatnya cukup mudah dibawa-bawa ataupun dimasukkan dalam tas ataupun ransel.

Tampilannya yang premium karena bodinya sebagian besar menggunakan material dari logam. Sementara, bagian penyangganya menggunakan bahan plastik yang terasa solid. Penyangganya menyatu dengan bodi sehingga Anda tidak bisa mengubah posisi ketinggiannya.

Sebagai kibor dengan dimensi 75%, versi Mini tidak menyertakan numpad, tombol makro, serta tombol Home dan End maupun Page Up dan Page Down. Sementara, tombol panah masih disematkan dengan ukurannya yang lebih kecil dibanding tombol lainnya.

Pada baris paling atas terdapat tombol Function yang memiliki fungsi ganda. Khusus deretan mulai dari tombol F4 sampai Delete, bisa diubah fungsinya melalui peranti lunak Logitech Options yang mesti diunduh secara terpisah. Selain itu, tombol F1, F2, dan F3 juga bisa digunakan untuk melakukan pairing agar terhubung dengan sampai tiga perangkat untuk digunakan secara bergantian secara cepat.

Pada bagian bawah terdapat tombol Opt|Start dan Cmd|Alt yang ada pada sisi kiri dan kanan. Tombol ini menegaskan dukungan sistem operasi MacOS; biasa disematkan pada laptop MacBook. Terdapat pula lampu indikator kecil pada tombol Caps Lock saat fungsinya diaktifkan.

Secara khusus versi Mini menyediakan tiga “tombol” baru. Ketiganya adalah tombol F6 yang juga memiliki fungsi sebagai tombol Dictation, tombol F7 yang akan membuka jendela emoji secara langsung, dan tombol F9 yang juga berfunsi sebagai tombol Mute. Tombol Dictation untuk talk to text, membuka jendela emoji secara langsung membuat Anda bisa memilih dan mengirimnya dengan cepat, sedangkan tombol Mute untuk mematikan suara. Ketiga tombol tersebut ditujukan untuk aktivitas rapat daring agar lebih memudahkan dalam menggunakan fungsi yang dimaksud.

Baca Juga :   Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Untuk kenyamanan mengetik dalam kondisi temaram ataupun gelap, seluruh tombolnya sudah memiliki backlight warna putih dengan enam tingkat kecerahan. Anda bisa mengaktifkannya dengan menekan tombol F5. Tingkat kecerahannya sendiri bisa diatur secara manual dengan menekan tombol F5 untuk meningkatkan cahaya dan tombol F4 untuk menurunkan cahaya.

Yang menarik, area tombolnya memiliki sensor proximity. Untuk lebih menghemat daya, saat kondisi idle, backlight kibor otomatis akan mati. Ketika ingin menggunakannya kembali, sensor akan mendeteksi keberadaan jari tangan Anda dan menyalakan backlight. Jadi, saat jari tangan mulai mendekat, backlight akan otomatis menyala sebelum Anda menyentuhnya. Terdapat sensor yang juga akan menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan pada ruangan secara otomatis.

Berdasarkan pengalaman kami menggunakannya beberapa waktu, tombol-tombolnya nyaman ditekan dan tidak menimbulkan suara berisik. Tombolnya memiliki travel distance yang pendek sehingga tidak perlu menekan terlalu dalam saat digunakan. Kenyamanannya mirip-mirip dengan kibor laptop. Untuk menambah kenyamanan dan juga menambah estetika, khusus tombol di area tengah, fisiknya dibuat agak melengkung ke dalam.

Logitech MX Keys Mini ini tidak hanya cocok digunakan pada PC desktop dan laptop, tetapi juga bisa untuk perangkat yang lebih ringkas seperti komputer tablet dan smartphone. Pasalnya, koneksinya dilakukan secara nirkabel menggunakan Bluetooth Low Energy yang rendah konsumsi dayanya.

Dengan koneksi tersebut, kibor ini bisa terhubung dengan sampai tiga perangkat nirkabel untuk digunakan secara bergantian. Seperti disebut sebelumnya, pairing bisa dilakukan dengan menekan tombol yang disediakan yaitu F1, F2, dan F3. Saat berpindah perangkat, koneksi langsung terhubung tanpa ada jeda.

Pada sisi belakang, memang tersedia port USB Type-C. Namun, fungsinya untuk pengisian daya baterai dan sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Daya tahan baterainya juga cukup lama. Dalam kondisi penuh, baterainya bisa bertahan sampai 5 bulan jika backlight dalam kondisi mati. Sementara, dalam kondisi backlight menyala, waktunya akan lebih singkat. Kami sendiri tidak bisa menghitungnya karena pengunaan yang acak.

Baca Juga :   AMD Luncurkan Prosesor Ryzen Pro 6000 Series untuk Laptop Kelas Atas

Kesimpulan

Logitech MX Keys Mini jadi pilihan yang asyik bagi Anda yang suka dengan keringkasan dan kepraktisan sebuah kibor eksternal. Bentuknya yang ringkas dan bobotnya yang ringan memudahkan saat dibawa-bawa. Dukungan koneksi Bluetooh sampai tiga perangkat menjadi nilai lebih lain. Begitu pula dengan kenyamanan saat digunakan dan kustomisasi yang dimungkinkan melalui peranti lunak Logitech Options.

Plus: Mini dan ringan, desain premium, ergonomis dan tidak berisik, bisa pairing sampai 3 perangkat, ada backlight dan sensor proximity.

Minus: Penyangga tidak bisa diatur ketinggiannya.

Spesifikasi

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar