Review D-Link COVR-C1203: Ringkas dengan Desain yang Menarik

masihnyata.com – Sebagai wireless router system, paket D-Link COVR-C1203 berisikan tiga unit wireless router/access point yang disebut dengan node. Ketiga node ini diklaim mampu menjangkau ruangan dengan luas sampai sekitar 465 meter persegi. Node-nya sendiri berbentuk menarik sehingga bisa sekaligus mempercantik meja kerja atau lemari Anda.

Masing-masing node memiliki dua pita operasi, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Kecepatan teoritis yang didukung tiap node adalah sampai sekitar 1.200 Mbps (AC1200). Masing-masing node memiliki dua porta LAN/WAN, serta sebuah porta USB Type-C untuk suplai dayanya. Yang menarik, di bagian atas node terdapat sebuah penutup berbahan plastik yang bisa dilepas-pasang. D-Link memberikan dua pilihan warna lain dalam paketnya, yakni emas dan biru.

D-Link COVR-C1203 memiliki satu node yang berfungsi sebagai node utama. Itu berarti, Anda harus menggunakan node tersebut sebagai titik utama yang akan terhubung langsung ke modem. Setelah itu, Anda bisa menghubungkan node tambahan lainnya ke node utama ini.

Konfigurasinya bisa dilakukan melalui peramban di PC desktop maupun notebook, atau menggunakan aplikasi D-Link Wi-Fi untuk ponsel pintar Android maupun iOS. Meski seharusnya sudah pre-paired, tetapi pada paket yang diterima, InfoKomputer perlu menghubungkan node tambahan dengan node utama melalui kabel terlebih dahulu untuk pairing. Setelah itu, node tambahan bisa dilepas dan diletakkan di area mana saja yang mendapatkan sinyal yang baik dari node utama.

D-Link COVR-C1203 dilengkapi pula dengan teknologi Smart Steering dan Smart Roaming. Teknologi tersebut akan mengupayakan setiap perangkat yang terhubung ke jaringan mendapatkan koneksi yang optimal.

Untuk kinerja, perangkat ini memberikan kecepatan rata-rata sekitar 135 Mbps. Angka tersebut diperoleh ketika kami mencoba melakukan transfer data dari satu PC ke PC lain yang masing-masing terkoneksi ke node yang berbeda.

Baca Juga :   Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Kesimpulan

D-Link COVR-C1203 cukup menarik untuk menjadi perangkat jaringan di rumah Anda. Secara keseluruhan perangkat ini berdesain menarik, mudah digunakan, dan berfungsi dengan baik walaupun proses penambahan node tambahannya menurut kami bisa lebih baik lagi. (Steven Irwandi)

Plus: Desain ringkas, konfigurasi secara keseluruhan mudah.

Minus: Kecepatan teoritis maksimal hanya 1.200 Mbps, penggunaan node kurang fleksibel, proses penambahan node tambahan seharusnya bisa lebih baik lagi.

Spesifikasi

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar