Review Canon PIXMA Ink Efficient G3020: Pencetakan Lebih Banyak

masihnyata.com – Canon punya lini pencetak maupun multifungsi PIXMA seri G terbaru yang terdiri dari PIXMA Ink Efficient G1020, G2020, G3020, dan G3060. Sesuai urutannya, perangkat tersebut hadir dengan spesifikasi yang paling sederhana sampai paling lengkap.

Sebagai perangkat dengan sistem Ink Tank atau CISS (continuous ink supply system), keempat perangkat tersebut sama-sama memiliki teknologi terbaru untuk mendukung kebutuhan pencetakan dalam jumlah besar, cepat, dan hemat. Selain itu, kemudahan perawatan juga jadi keunggulan lain yang ditawarkan PIXMA seri G. Tentu saja dengan seri yang berbeda, berbeda pula kemampuan serta fitur yang ditawarkannya, sesuai dengan kebutuhan pengguna yang beragam.

Nah, PIXMA Ink Efficient G3020 yang kami uji ini memiliki posisi yang dekat dengan seri tertingginya, G3060. Jika dibanding dengan G3060, perbedaan mendasar terdapat pada kecepatan saat mencetak dan menggandakan atau menyalin dokumen saja. PIXMA Ink Efficient G3020 sendiri ditujukan untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan rumah, kantor, ataupun UKM.

Sebagai perangkat multifungsi, PIXMA Ink Efficient G3020 memiliki tiga fungsi yakni sebagai pencetak (printer), penyalin atau mesin fotokopi (copier), dan pemindai (scanner). Secara fisik, meski bukan yang paling ringkas, perangkat multifungsi ini bisa dibilang kompak di kelasnya. Hal itu juga dikarenakan dukungan ukuran kertas yang hanya mencapai A4.

Desainnya masih khas ala multifungsi Canon. Bagian atas pada sisi kanan merupakan area flatbed untuk memindai dan menyalin dokumen. Sementara, pada sisi kiri terdapat beberapa tombol dan LCD untuk menjalankan fungsi secara langsung tanpa bantuan komputer. Untuk menampung kertas, terdapat tray yang ada pada sisi belakang dengan daya tampung sampai 100 lembar. Adapun tray keluaran kertasnya pada bagian depan bisa menampung dengan kapasitas sama. Kapasitas itu memang tidak terlalu besar, tetapi sudah sesuai dengan peruntukannya.

Yang menarik adalah dukungan akan penggunaan tinta isi ulang yang jelas menjadi solusi bagi biaya operasional yang lebih terjangkau dan pencetakan lebih banyak. Canon menempatkan area tangki tinta secara terpisah. Ada empat warna tinta yaitu black, cyan, yellow, dan magenta alias hitam, sian, kuning, dan magenta. Untuk tinta hitam terpisah dengan tinta lainnya. Kapasitasnya pun lebih besar mengingat warna hitam memang paling sering digunakan, khususnya saat mencetak dokumen teks.

Baca Juga :   Harga Chromebook Acer, Asus, Axioo, Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan Zyrex

Satu botol tinta hitam diklaim mampu mencetak sampai 6.000 lembar dokumen, sedangkan ketiga warna lainnya jika digabung disebutkan mampu mencetak sampai 7.700 lembar dokumen. Keduanya pada mode standar. Jika untuk mencetak foto, kombinasi ketiga warna bisa mencetak sampai 2.200 lembar foto ukuran 4 x 6 inci. Saat mencetak foto, mencetak warna hitam tidak menggunakan tinta hitam melainkan kombinasi warna sian, kuning, dan magenta.

Canon juga menawarkan kemudahan untuk proses instalasi maupun pengisian ulang tinta. Anda tinggal mengangkat kover bagian depan. Hal pertama yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mengubah Ink Valve Level ke posisi kanan. Saat Ink Valve Level pada posisi kiri, aliran tinta melalui selang akan dikunci. Kemudian untuk tangki tinta, pada bagian atasnya memiliki penutup yang mudah dibuka dan ditutup. Nantinya ujung botol tinta tinggal dimasukkan ke bagian penutup tangki. Bentuknya dibuat seaman mungkin agar terhindar dari tumpah saat pengisian. Setelah selesai, Anda bisa langsung melakukan proses pencetakan ataupun fungsi lainnya.

Saat difungsikan sebagai pencetak, G3020 memiliki kecepatan yang bisa dibilang mirip dengan seri PIXMA lainnya. Perangkat ini secara rata-rata mencetak satu halaman dokumen teks hitam dalam waktu sekitar 13 detik. Sementara, mencetak satu halaman dokumen teks warna sekitar 50 detik. Torehan waktu itu tidak terlalu gegas dan cukup memakan waktu apabila mencetak dalam jumlah banyak.

Untuk kualitasnya, teks warna hitam terlihat pekat dan tajam. Begitu pula dengan teks warna. Hasil teks warna memang sedikit berbeda dengan aslinya, tetapi hal ini tidak terlalu menjadi kendala. Adapun mencetak foto menggunakan kertas foto, kami menyukai ketajaman warna yang dihasilkan. Meski, lagi-lagi menurut kami warnanya cenderung lebih pekat. Namun, hasilnya terlihat rapi dan bagus.

Baca Juga :   Hands-on Acer Swift Edge: Kencang, Layar Besar Tapi Tipis dan Ringan

PIXMA Ink Efficient G3020 hanya mengandalkan flatbed untuk memindai dan menyalin dokumen. Untuk fungsi sebagai penyalin atau mesin fotokopi, kecepatannya sedikit lebih lambat. Sementara, hasilnya cukup bagus; dokumen cadangan yang dihasilkan cukup memuaskan. Adapun untuk memindai, multifungsi ini juga memiliki kecepatan yang bagus dan tidak berbeda dengan seri PIXMA lainnya.

Tidak ketinggalan fungsi nirkabelnya bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto atau dokumen dari gawai seperti smartphone atau komputer tablet berbasis iOS dan Android. Bahkan, PIXMA Ink Efficient G3020 mendukung Chrome OS. Untuk perangkat Android, caranya dengan mengunduh dan memasang aplikasi Canon PRINT Inkjet/Selphy.

Kesimpulan

PIXMA Ink Efficient G3020 dirancang untuk kebutuhan mencetak, memindai, dan menyalin yang cocok digunakan untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan rumah, kantor, dan UKM. Dengan CISS yang memiliki kapasitas besar, biaya operasional bisa lebih terjangkau. Lagipula instalasinya mudah.

Plus: Menggunakan CISS, dukung nirkabel serta direct printing, kemampuan cetak sampai ribuan lembar, instalasi mudah.

Minus: Tidak tersedia automatic duplex, kecepatan pencetakan kurang gegas.

Hasil Uji

Spesifikasi

Kertas Polos (A4, 64g/m²) = 100 lembar

High Resolution Paper (HR-101N) = 80 lembar

Photo Paper Plus Glossy II (PP-201, 4 x 6″) = 20 lembar

Photo Paper Plus Semi-Gloss = 20 lembar

Glossy Photo Paper “Everyday Use” = 20 lembar

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar