Pengertian Wireline dan Beberapa Kategorinya

masihnyata.com – Komunikasi wireline (juga dikenal sebagai komunikasi kabel) adalah transmisi informasi melalui filamen. Atau, teknologi komunikasi yang mengirimkan informasi over-the-air (OTA) disebut nirkabel.

Contoh umum komunikasi wireline termasuk sistem telepon darat, televisi dan komputer desktop yang menggunakan Ethernet untuk terhubung ke internet. Komunikasi wireline umumnya berada di bawah tiga kategori: fiber optic, coaxial dan twisted pair.

Fiber Optic

Filamen terdiri dari satu atau lebih serat optik, yang masing-masing mampu mentransmisikan pesan yang dimodulasi ke gelombang cahaya. Ada dua jenis utama kabel serat optik: single-mode dan multi-mode.

Serat mode tunggal digunakan untuk jarak yang lebih jauh dan sumber cahaya biasanya adalah laser. Serat multi-mode digunakan untuk jarak yang lebih pendek dan sumber cahaya biasanya adalah dioda pemancar cahaya (LED).

Coaxial Cable

Filamen terdiri dari kabel tembaga yang dibuat khusus dengan pelindung logam dan komponen lain yang dirancang untuk memblokir gangguan sinyal.

Kabel koaksial terutama digunakan oleh perusahaan TV kabel untuk menghubungkan fasilitas antena satelit mereka ke rumah pelanggan dan bisnis. Ini juga digunakan oleh perusahaan telepon untuk menghubungkan kantor pusat ke tiang telepon di dekat pelanggan.

Twisted Pair

Filamen terdiri dari dua kabel tembaga berinsulasi yang dipilin satu sama lain untuk mengurangi crosstalk atau induksi elektromagnetik.

Meskipun twisted pair sering dikaitkan dengan penggunaan di rumah, kelas yang lebih tinggi dari twisted pair sering digunakan untuk kabel horizontal di instalasi jaringan area lokal (LAN) karena lebih murah daripada kabel koaksial.

Untuk beberapa lokasi bisnis, twisted pair diapit oleh shield yang berfungsi sebagai ground. Ini dikenal sebagai pasangan terpilin terlindung (STP). Kabel biasa ke rumah adalah unshielded twisted (UTP).

Baca Juga :   Samsung Bikin VoNR, Teknologi Panggilan Suara Penerus VoLTE

NBASE-T Ethernet adalah standar IEEE dan teknologi pensinyalan Ethernet yang memungkinkan pemasangan kabel tembaga twisted-pair yang ada melebihi batas kabel yang ditentukan sebesar 1 Gbps untuk jarak hingga 100 meter.

Secara teknis, dapat dikatakan bahwa semua komunikasi nirkabel juga harus dipertimbangkan sebagai komunikasi kabel karena pada beberapa titik rantai komunikasi, kabel fisik akan digunakan untuk menangkap sinyal nirkabel.

Kelebihan dari penggunaan komunikasi wireline atau nirkabel dianggap yang paling stabil dari semua jenis layanan komunikasi. Mereka relatif tahan terhadap kondisi cuaca buruk dibandingkan dengan solusi komunikasi nirkabel.

Karakteristik ini memungkinkan komunikasi kabel tetap populer bahkan saat solusi nirkabel terus berkembang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar