Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

masihnyata.com – Komponen komputer merupakan kumpulan komponen yang memiliki fungsi dalam menjalankan sebuah komputer. Komponen komputer sendiri terdiri dari komponen hardware, software, dan brainware.

Hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat dilihat secara nyata, dan dapat diraba. Perangkat ini juga menjadi alat yang memiliki peran penting dalam mengoperasikan komputer.

Berdasarkan fungsinya, hardware terbagi menjadi beberapa kategori yaitu input, output, process, dan storage device.

Untuk selengkapnya berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai input output processing dan storage device.

Input device

Input device merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer serta memungkinkan pengguna berinteraksi dan mengontrolnya.

Berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi dua yaitu peralatan input secara langsung dan tidak langsung.

Peralatan input secara langsung merupakan input device yang dimasukan secara langsung yang akan diproses tanpa memerlukan media lain, seperti keyboard, mouse, scanner dan lainnya. Sedangkan peralatan input tidak langsung, seperti disket, harddisk, dan lainnya.

    Keyboard: keyboard adalah perangkat input paling umum dan sangat populer yang membantu memasukkan data ke komputer. Keyboard terdiri dari dua ukuran 84 tombol atau 101/102 tombol, namun saat ini keyboard dengan 104 tombol atau 108 tombol juga tersedia untuk Windows dan Internet

    Mouse: mouse merupakan perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal yang memiliki kotak seukuran telapak tangan kecil dengan bola bundar di dasarnya berfungsi untuk menggerakkan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU saat tombol mouse ditekan

    Scanner: alat ini bekerja mirip layaknya mesin fotokopi. Ini digunakan ketika beberapa informasi tersedia di atas kertas dan akan ditransfer ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut

Baca Juga :   WD Blue SN570, Flash Drive yang Cocok untuk Para Konten Kreator

Output device

Perangkat output adalah perangkat keras apa pun yang digunakan untuk mengirim data dari komputer ke perangkat atau pengguna lain.

Biasanya, sebagian besar periferal keluaran dimaksudkan untuk digunakan pengguna sehingga mereka menerima data yang diproses dari komputer dan mengubahnya dalam bentuk audio, video, atau reproduksi fisik.

Contoh umum perangkat keluaran adalah monitor dan proyektor (video), headphone dan speaker (audio), atau printer dan plotter (reproduksi fisik dalam bentuk teks atau grafik). Berikut ini beberapa pengertian contoh-contohnya.

    Printer: printer adalah perangkat keluaran informasi yang memungkinkan Anda mencetak data di atas kertas. Atau dengan kata lain, itu adalah perangkat output yang membuat hard copy dari data atau informasi yang diproses.

    Layar monitor: perangkat output utama komputer adalah monitor, sering dikenal sebagai Visual Display Unit (VDU). Ini menampilkan data yang diproses seperti teks, gambar, video, audio, dll. Itu membuat gambar dengan mengatur titik-titik mikroskopis dalam pola persegi panjang, yang dikenal sebagai piksel

    Plotter: merupakan perangkat yang mencetak grafik berkualitas tinggi dalam berbagai format warna.

    Proyektor merupakan perangkat yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan output mereka ke area yang luas, seperti layar atau dinding. Ini dapat digunakan untuk memproyeksikan output komputer dan perangkat lain ke layar

Processing device

Processing device merupakan salah satu perangkat keras yang berguna untuk memproses dan mengolah data dari input device dan dikeluarkan dalam bentuk informasi oleh output device.

Macam – macam processing device, seperti CPU, GPU, Motherboard, dan lainnya. Berikut ini penjelasan ringkasnya.

    CPU: Central Processing Unit merupakan prosesor yang bertugas untuk menjalankan isntruksi pada perangka komputasi

    GPU: Graphic Processing Unit merupakan komponen yang memiliki inti lebih kecil dan khusus. Terdiri dari banyak core yang berukuran kecil dan spesifik

Baca Juga :   AMD Luncurkan 6 CPU Desktop Ryzen 4000 dan 5000

Storage device

Perangkat penyimpanan adalah semua jenis perangkat keras komputasi yang digunakan untuk menyimpan, memindahkan, atau mengekstrak file dan objek data.

Perangkat penyimpanan dapat menyimpan dan menyimpan informasi baik sementara maupun permanen. Beberapa storage device, seperti RAM, ROM, dan beberapa lainnya. Berikut ini penjelasan ringkas RAM dan ROM

RAM: Random Access Memory adalah memori internal yang dipakai untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi, dan lainnya. Fungsi RAM untuk menyimpan berbagai file secara sementara

ROM: adalah jenis penyimpanan komputer yang berisi data permanen. ROM berisi pemrograman yang memungkinkan komputer untuk memulai atau beregenerasi setiap kali dihidupkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar