Pengertian dan Fungsi Perangkat Periferal Komputer

masihnyata.com – Perangkat periferal adalah perangkat internal maupun eksternal yang terkoneksi langsung dengan komputer atau perangkat digital. Perangkat ini bekerja dengan memasukkan serta menerima informasi ke dalam atau dari sistem komputer.

Komponen ini termasuk bagian sekunder dari komputer, sehingga tanpa perangkat periferal pun komputer masih dapat bekerja. Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian dan fungsi dari perangkat periferal komputer.

Pengertian perangkat eriferal

Perangkat periferal dapat disebut dengan perangkat input/output. Komponen ini adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk memasukkan informasi dan instruksi ke dalam komputer untuk melakukan penyimpanan atau pemrosesan.

Beberapa contoh dari perangkat periferal seperti mouse, keyboard, kode QR, dan lain sebagainya. Sistem dalam perangkat-perangkat tersebut akan menerima data serta perintah dan memproses sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh pengguna.

Hasil dari perintah-perintah tersebut dapat bermacam-macam, seperti menyajikan data yang sebelumnya telah diproses, hingga menyimpan atau mencetak sebuah data.

Lebih lanjut, perangkat periferal dapat diklasifikasikan menjadi periferal internal dan eksternal. Pembagian tersebut tergantung pada ruang yang digunakan untuk menyimpan data.Penyimpanan internal tersebut seperti hard disk yang dihubungkan dengan kabel SATA.

Selain itu, juga terdapat perangkat port layar dan HDMI untuk menghubungkan koneksi antara layar dan monitor. Adapun penyimpanan eksternal adalah komponen yang dapat dihubungkan melalui berbagai jenis kabel dan koneksi.

Koneksi yang paling umum digunakan pada penyimpanan eksternal adalah koneksi USB. USB memungkinkan untuk dikoneksikan pada berbagai perangkat elektronik, karena memiliki beberapa port dan kesederhanaan fitur plug-and-playnya.

Baca Juga :   Discord Luncurkan "Forum Channel", Fitur Diskusi Mirip Reddit

Seiring dengan berkembangnya waktu, perangkat periferal banyak terpasang pada perangkat elektronik yang lebih kecil. Seperti pada tablet, laptop dan smartphone yang saat ini mempunyai fitur webcam, speaker, dan mikrofon.

Fungsi perangkat periferal

Setiap perangkat input/output pasti memiliki fungsi menerima dan mengeluarkan suatu data atau hasil perintah dari pengguna, begitu pun pada perangkat periferal. Berikut peran perangkat periferal dalam sebuah komputer.

Memasukkan data atau perintah

Perangkat periferal berperan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat input. Perangkat input ini nantinya akan mengubah perintah dari pengguna menjadi informasi yang akan ditampilkan dalam sistem komputer.

Fungsi ini terdapat pada perangkat seperti keyboard dan mouse. Keyboard mengubah penekanan tombol menjadi karakter yang akan muncul pada layar komputer, sedangkan mouse menggunakan sistem point-and-click untuk mengirimkan perintah pada sistem.

Adapun perangkat input lainnya seperti pemindai kode QR, mikrofon, dan kamera web.

Menyajikan data atau perintah

Perangkat periferal juga akan menerjemahkan data atau perintah yang telah dilakukan oleh pengguna. Perangkat output ini akan disajikan menjadi informasi yang dapat ditampilkan dalam komputer dan dapat digunakan oleh pengguna.

Perangkat output ini biasanya terdapat dalam monitor dan speaker. Monitor akan menyajikan hasil dari pemrosesan dan akan memberikan output berbentuk softcopy.

Sementara speaker bekerja dengan menggunakan sinyal audio, sehingga penyajian atau outputnya juga akan berbentuk audio. Adapun perangkat output lainnya seperti printer, headphone, dan proyektor.

Menjalankan fungsi input dan output

Fungsi lain dari perangkat periferal adalah menjalankan fungsi input dan output. Fungsi ini biasanya terdapat dalam perangkat yang digunakan untuk menyimpan sebuah data atau file seperti hard disk, drive USB, kartu memori, tape drive, dan NIC.

Baca Juga :   6 Cara Mengatasi Spotify Tidak Dapat Memutar Musik

Perangkat penyimpanan hard disk menyediakan fungsi input dan output. Komponen ini bekerja dengan membaca data dari hard disk, kemudian memasukkan perintah yang dilakukan oleh pengguna.

Sementara output yang dilakukan oleh hard disk adalah ketika komputer melakukan penyimpanan dan menampilkan hasil yang telah diperintahkan oleh pengguna.

Komponen input/output lainnya yang menjalankan kedua fungsinya secara bersamaan adalah drive USB. Kerja fungsi input dari perangkat tersebut adalah ketika Anda mentransfer data dari drive USB ke komputer, sedangkan kerja fungsi outputnya adalah ketika Anda mentransfer data dari komputer ke drive USB.

Demikian pengertian dan fungsi perangkat periferal yang terdapat dalam perangkat komputer. Semoga bermanfaat dan membantu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar