Layar Bolong iPhone 14 Pro Dibuat Samsung?

masihnyata.com – Seri iPhone 14 kemungkinan baru akan dirilis pada pertengahan 2022, namun rumor terkait kemungkinan tampang dari ponsel generasi selanjutnya dari Apple ini sudah beredar.

Salah satu model dari seri iPhone 14 dikabarkan akan mendapat perubahan desain layar. Sejak kehadiran iPhone X pada 2017, Apple telah mengusung desain layar notch (berponi) hingga kini di seri iPhone 13.

Namu rumor menyebut desain layar poni tidak akan dipakai di model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Melainkan, keduanya akan menggunakan layar berlubang (punch-hole) untuk menyematkan kamera depan.

Rumor penggunaan layar punch-hole di iPhone 14 Pro itu datang dari Ming-Chi Kuo, analis terkenal untuk produk Apple.

Selain itu, rumor juga menyebut bahwa Samsung mungkin akan menjadi pemasok layar punch-hole di iPhone 14 Pro.

Rumor ini datang dari Bussiness Korea, portal berita online asal Korea Selatan yang memuat isu-isu seputar bisnis. Menurut Bussiness Korea, terdapat tiga kemungkinan pemasok layar punch-hole di iPhone 14 Pro, antara lain Samsung, LG, dan BOE (Best on Earth).

Samsung kandidat kuat

Dari kemungkinan pemasok layar tersebut, Bussiness Korea membuat semacam prediksi perusahaan mana yang bakal memasok layar punch-hole bagi Apple. Di lihat dari sisi rantai bisnisnya, Samsung merupakan pemasok utama layar berpanel OLED Apple di iPhone 13 Pro.

Selain itu, Samsung merupakan promotor layar OLED dengan punch-hole dan telah menggunakan teknologi layar itu di ponsel besutannya selama beberapa tahun terakhir. Layar OLED punch-hole sendiri juga telah digunakan di sebagian ponsel Android saat ini.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Umum yang Terjadi pada Komputer

Pemasok lain, LG, dikabarkan belum memproduksi layar punch-hole sejauh ini menurut catatan laporan itu. Namun, teknologi layar tersebut dikatan bukan hal yang sulit untuk diproduksi oleh perusahaan sekelas LG.

Untuk saat ini, LG dilaporkan sedang memiliki fokus untuk menggaet Apple agar tetap menjadi kliennya untuk produk layar LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide) di model iPhone seri Pro.

Layar LTPO sendiri merupakan layar berpanel OLED yang mampu mendukung refresh rate dinamis hingga 120 Hz. Meski LG mampu memproduksi layar LTPO, masih belum jelas apakah perusahaan ini akan menyediakan layar untuk iPhone 14 Pro.

Berbeda dengan LG, BOE juga telah memproduksi layar OLED punch-hole. Namun, kualitas layar produksi BOE dikatakan lebih rendah dibanding buatan Samsung dan LG.

Untuk saat ini, BOE dikabarkan sedang mengerjakan layar LTPO untuk Apple. Kemungkinan BOE akan mulai produksi layar tersebut paling cepat baru pada 2023, sebagaimana dikutip KompasTekno dari BGR, Senin (27/12/2021).

Dari pertimbangan rantai bisnis ketiga pemasok tersebut, apabila iPhone 14 Pro jadi menggunakan layar punch-hole, maka Samsung yang menjadi kandidat kuat pemasok.

Perubahan desain

Kabar mengenai penggunaan punch-hole di iPhone 14 Pro dan siapa pemasoknya, bukan merupakan informasi yang datang dari perusahaan. Baik Apple maupun ketiga pemasok layar tersebut, belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait isu itu hingga kini.

Apabila iPhone 14 Pro jadi memakai layar punch-hole, maka diprediksi akan terjadi rombakan juga pada penempatan sensor Face ID.

Karena tempat untuk komponen Face ID juga akan berubah, sementara layar punch-hole tidak akan memiliki ruang yang cukup selain untuk menempatkan kamera depan.

Sedangkan, beberapa orang menilai Face ID tidak mungkin dihilangkan oleh Apple, mengingat ini teknologi unggulan yang tidak dimiliki Android. Jadi, Face ID diprediksi akan berada di bawah layar apabila iPhone 14 Pro bakal memakai layar punch-hole.

Baca Juga :   Apa Kepanjangan dari Modem dan Bagaimana Cara Kerjanya?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar