Jenis-jenis Perangkat Pemrosesan Data di Komputer

masihnyata.com – Dalam perangkat komputer terdapat bagian penting untuk memproses data. Bagian ini kerapkali disebut dengan CPU (Central Processing Unit) atau Unit Pengolah Pusat. CPU merupakan otak dari komputer yang mengatur dan memproses rangkain kegiatan komputer.

Bagian ini termasuk dari perangkat pemrosesan data (processing device) di komputer. CPU memiliki tiga komponen utama dalam memproses data. Beberapa komponen tersebut adalah unit kendali (control unit/CU), unit aritmatika dan logika, dan register.

    Unit kendali: mengatur dan mengendalikan peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan diolah dan ditampilkan

    Unit aritmatika dan logika: berfungsi melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan

    Register: berfungsi membantu melakukan hubungan (interface) dari dan ke memori

Kinerja CPU sendiri oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal darisuatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). Selengkapnya berikut ini beberapa perangkat pemrosesan data di komputer.

Motherboard

Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Motherboard penting karena menentukan kapabilitas (kemampuan). Salah satu fungsi Motherboard adalah mengatur dan menentukan alat yang dipasang pada komputer.

Processor

Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai sekitar 3 GHz (Giga Hertz). Beberapa prosesor yang cukup familiar adalah Intel,AMD dan IBM.

Memory

Memory berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Memori juga disebut dengan RAM (Random Access Memory). Perangkat ini berguna untuk menyimpan data sementara saat digunakan oleh prosesor. Memori dibagi menjadi dua jenis yaitu internal dan eksternal memori.

    Internal memori: memori yang terletak pada motherboard

    Eksternal memori: memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard. Contoh: hard disk, flash disk, CD, dan lainnya

Baca Juga :   Komputer AMD Ryzen Lambat di Windows 11, Tunggu "Obatnya" 19 Oktober

VGA (Video Graphics Array)

VGA card merupakan bagian dari komputer yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tak akan bisa menampilkan apa pun.

Sound Card

Sound Card merupakan peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound card berfungsi untuk mengeluarkan suara. Dilihat dari cara pemasangannya,sound card dibagi menjadi tiga yaitu sound card onboard, sound card offboard, dan soundcard external.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar