Ini Dia 10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Laptop Anda

masihnyata.com – Laptop yang Anda gunakan tiba-tiba mengalami gangguan? Penyebabnya bisa karena sistem operasi atau software-nya dan justru rusak perangkat kerasnya. Hal ini terjadi bisa saja karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama ini tanpa disadari menjadi penyebabnya.

Lantas apa saja kah itu? Berikut ini KompasTekno rangkum 10 kebiasaan buruk tanpa disadari yang dapat merusak laptop Anda.

1. Tidak pernah memuat ulang (restart) laptop Anda

Meskipun terlihat sepele, namun jangan sampai lupa untuk selalu melakukan restart pada laptop. Restart laptop berguna untuk menghapus cache RAM yang menumpuk selama Anda menggunakan perangkat tersebut.

Ketika cache RAM bersih, laptop kemungkinan besar akan lebih lancar saat digunakan. Kurangnya frekuensi melakukan restart pada laptop bisa jadi akan membuat perangkat Anda berjalan lebih lambat.

Maka dari itu lakukan restart setelah menggunakan laptop untuk menyegarkan sistem dan memecahkan bug.

2. Membuka terlalu banyak aplikasi

Kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan gangguan pada laptop Anda adalah membuka terlalu banyak aplikasi di desktop. Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, aplikasi membutuhkan CPU dan RAM untuk menjalankannya.

Saat laptop Anda menagani berbagai aplikasi yang terbuka secara bersamaan, hal ini akan membuat sistem berjalan lebih lambat.

Tak hanya memperlambat kinerja, tapi juga berpotensi menyebabkan gangguan pada perangkat lunak. Maka dari itu jaga sistem laptop Anda dan cobalah tidak membuka terlalu banyak aplikasi pada laptop.

Bagi pengguna Windows, Anda dapat memeriksa penggunaan CPU dan RAM dari folder Task Manager dan untuk pengguna Mac Anda dapat mengecek Activity Monitor.

3. Meletakkan benda di atas keyboard

Salah satu kebiasaan buruk yang tanpa disadari merusak laptop adalah meletakkan berbagai barang – barang di atas keyboard seperti alat tulis atau buku kemudian langsung menutup layarnya.

Kebiasaan seperti ini ternyata dapat merusak layar atau touchpad laptop. Terlebih lagi layar laptop yang sangat sensitif, hal ini tentu akan membuatnya rentan rusak atau tergores.

Baca Juga :   Jenis-jenis Perangkat Pemrosesan Data di Komputer

4. Mengambil laptop dengan memegang layarnya

Tak sadar, saat terburu-buru pengguna kurang memperhatikan cara memperlakukan laptop dengan benar. Salah satunya dengan mengangkat laptop dengan langsung mengambil dari bagian layarnya.

Tentu hal ini sangat tidak disarankan. Mengambil laptop dengan meraih layarnya akan membuat kaca LCD dan piksel di dalamnya rusak karena tekanan. Maka dari itu ambil/angkat laptop dengan hati-hati. Disarankan untuk memegangnya dari sisi bawah.

5. Meletakkan laptop di atas kasur

Setiap laptop memiliki sistem pendingin yang menjaganya pada suhu optimal untuk fungsi normal. Sistem pendingin ini biasanya datang dalam bentuk kipas laptop.

Kipas berfungsi untuk menyebarkan panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga seluruh rangkaian laptop akan berjalan lancar. Panas tersebut akan tersebar dan keluar dari ventilasi laptop. Letak ventilasi ini biasanya berada di samping atau bawah.

Untuk mencegah panas berlebih, ventilasi harus dijaga agar tetap bersih dan tidak tersumbat. Maka dari itu hindari untuk menggunakan laptop pada permukaan kain, seperti tempat tidur atau alas selimut.

Hal ini akan membuat ventilasi tertutup permukaan kain dan kipas laptop bekerja lebih keras untuk mengurai panas di dalamnya. Hal ini akan membuat komponen motherboard dan hard drive menjadi overheating.

Untuk itu gunakan laptop pada permukaan datar dan bersih seperti meja atau dudukan laptop untuk mencegah overheating pada komponen perangkat laptop.

6. Meletakkan laptop di tempat berdebu dan suhu yang panas

Kebiasaan buruk yang dapat merusak laptop Anda selanjutnya adalah meletakkan laptop di sembarang area. Sebaiknya hindari menyimpan laptop di dekat jendela yang terbuka di bawah sinar matahari langsung.

Ini akan membuat laptop mudah berdebu. Debu – debu akan menumpuk dan berpotensi menyumbat kipas laptop. Selain itu debu – debu akan menyumbat keyboard dan membuatnya macet hingga berkarat.

Selain itu hindari meninggalkan laptop di dalam mobil terlebih lagi pada cuaca yang panas. Ini akan membuat laptop menjadi mudah panas dan tentu akan mempengaruhi kinerjanya.

7. Meletakkan benda cair di sekitar laptop

Selain panas dan debu, tumpahan cairan dapat menyebabkan kerusakan serius pada laptop. Cairan yang tidak sengaja terkena bagian laptop atau sedikit percikan air akan membuat kerusakan keyboard dan motherboard berkarat dan korosif.

Maka dari itu hindari meletakkan benda-benda cair di dekatnya seperti kopi, teh, parfum, atau memegang laptop saat tangan masih basah.

8. Makan di dekat keyboard

Mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan makan beberapa cemilan memang sangat terasa nyaman. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk ini bisa jadi penyebab kerusakan pada laptop.

Baca Juga :   Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

Mengapa? Hal tersebut karena remahan atau bekas sisa makanan yang berada di jari-jemari Anda untuk mengetik tanpa disadari akan jatuh ke tombol keyboard.

Sisa makanan tersebut akan membuat tombol keyboard macet dan berpotensi merusak titik penghubung antartombol. Maka dari itu, saat akan menyentuh keyboard, pastikan tangan Anda bersih dari remahan-remahan sisa makanan.

9. Overclocking

Apa itu overclocking? Overclocking merupakan cara untuk meningkatkan kinerja (over clock) di CPU agar bekerja lebih cepat. Cara ini biasa dilakukan gamer tingkat lanjut, agar perangkatnya dapat bekerja secara maksimal saat bermain menjalankan berbagai games.

Namun, Anda yang menggunakan laptop untuk penggunaan pribadi disarankan untuk tidak melakukan overclocking. Hal ini akan membuat CPU akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Ini juga menjadi penyebab CPU tidak awet. CPU laptop sendiri tertanam pada motherboard. Jadi ketika CPU rusak tentu seluruh rangkaian harus diganti. Penggantian perangkat ini biasanya memerlukan ongkos yang tidak murah.

10. Membawa laptop dengan sembarangan

Kebiasaan buruk yang dapat merusak laptop Anda terakhir adalah membawa laptop tanpa memperhatikan keamanannya.

Laptop memang didesain agar pengguna dapat menggunakannya di mana saja dan dibawa kemana-mana. Namun, beberapa pengguna terkadang kurang memperhatikan penempatan laptop yang benar saat memasukkannnya ke dalam tas ransel.

Beberapa kasus, laptop terkadang terhimpit buku, atau barang lain di dalam tas. Hal ini tentu akan membuat LCD laptop mudah rusak. Agar lebih aman, gunakan tas khusus laptop untuk menjaganya tetap aman dari berbagai benturan.

Selain itu, jangan bawa atau tenteng laptop Anda saat masih menyala dengan layar terbuka. Kebiasaan ini bisa saja membuat storage penyimpanan data laptop rusak, khususnya untuk yang masih menggunakan harddisk, bukan SSD.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar