Hands-on realme narzo 30A: Smartphone Gaming di Kelas Entry Level

masihnyata.com – Bidik segmen entry level, realme menghadirkan varian baru dari seri narzo. Sebagai smartphone pertama yang diluncurkan di tahun 2021, realme narzo 30A jadi smartphone gaming pertama di kelas entry level yang menggunakan system on chip MediaTek Helio G85. Dan kamipun berkesempatan jadi yang lebih dulu mencoba smartphone yang dibanderol satu jutaan ini.

Kali ini, boks penjualannya menggunakan warna dasar dan tema yang sedikit berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang didominasi warna kuning. Hadir dengan warna biru langit serta tulisan dengan font berwarna putih memberikan nuansa yang berbeda. Di dalamnya terdapat unit smartphone, adaptor 9V2A dengan daya 18 watt, kabel USB type-C, SIM ejector, kertas panduan, dan kertas garansi.

Khusus adaptornya sendiri memiliki daya hingga 9V2A 18 watt yang mendukung fitur fast charging. Tidak terdapat earphone maupun jelly case didalamnya. Absennya jelly case menegaskan bahwa bodi belakang smartphone menggunakan lapisan yang tidak gampang kotor, serta memiliki desain unik yang beda.

narzo 30A tersedia dalam dua warna pilihan yaitu laser blue dan laser black, sedangkan unit yang kami terima adalah laser black. Bagian belakang-nya menampilkan desain unik yang terpisah menjadi dua bagian. Sisi atasnya menggunakan desain polos sementara sisi keduanya menggunakan desain yang disebut dengan diagonal stripe.

Ini pula yang membuat narzo 30A mudah dikenali karena beda dengan smartphone yang ada saat ini. Didekat perbatasaan dua sisi tersebut terdapat tulisan narzo design by realme. Bodinya sendiri menggunakan bahan plastik dengan lapisan yang tidak mudah kotor oleh sidik jari ataupun tangan.

Sedikit keatas bagian tengah ada sensor sidik jari berbentuk bulat. Sementara sisi kiri atas terdapat frame kamera belakang berbentuk kotak yang didalamnya sekilas seperti memiliki empat lensa kamera. Sebenarnya lensa kamera narzo 30A hanya ada dua, yang pertama memiliki resolusi 13MP sebagai kamera utama dan lensa kedua 2 MP untuk kamera B&W. Sementara dua lainnya berupa lampu kilat dan bulatan bertuliskan AI sebagai hiasan saja.

Baca Juga :   Adonit PhotoGrip, Mudahkan Mengambil Swafoto dengan Satu Tangan

Sisi sisi bodinya agak melengkung dan menunjukkan estetika yang tidak kaku dan membuatnya nyaman digenggam. Sementara untuk tombol fisik, di sisi kanan tombol Volume dan Power, untuk sisi kiri agak ke atas ada slot kartu yang didalamnya terdapat tray yang menyediakan kompartemen untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Dan sisi bawahnya secara berurutan ada jack audio, lubang mic, port USB type-C, dan speaker.

narzo 30A memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan rasio layar 20:9 serta resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel. Bagian atas layar terdapat kamera selfie 8 MP dengan desain mini drop yang khas. Sementara secara keseluruhan rasio layarnya mencapai 88,7%. Menariknya, meski layarnya sudah terlindung dengan Gorilla Glass 3, namun realme tetap memberikan pelindung tambahan berupa lapisan screen protector.

Mengusung slogan Power Up The Game, narzo 30A dipersenjatai dengan prosesor octa-core 12nm, Helio G85 dari MediaTek. RAM 4 GB LPDDR4X dan storage 64 GB yang bisa ditambah dengan kartu micro SD hingga kapasitas 256 GB. Kapasitas baterainya besar yaitu 6000 mAh dan diklaim mampu bertahan 46 hari pada mode siaga. Untuk konektivitas lainnya, telah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dan bluetooth 5.0.

realme narzo 30A dibanderol dengan harga Rp1.899.000, namun pada flash sale yang diadakan pada 5, 6, dan 12 Maret di Shopee, Akulaku, dan realme.com/id, harganya jadi Rp1.799.000.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga :   Review Jabra Evolve2 40: Headset Profesional untuk Rapat Daring
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar