Chip Ponsel Buatan Oppo Dikabarkan Hadir 2023

masihnyata.com – Qualcomm agaknya patut khawatir karena para pabrikan smartphone mulai marak membuat chip sendiri, seperti Tensor di Google Pixel yang menggantikan Snapdragon.

Oppo termasuk salah satunya. Laporan terbaru yang dibagikan oleh situs Nikkei Asia mengatakan bahwa vendor asal China ini berencana membuat sebuah chip (SoC) yang nantinya ditujukan untuk ponsel kelas atas alias flagship.

Menurut sumber yang mengetahui hal ini, chip buatan Oppo kemungkinan bakal debut di tahun 2023 atau 2024 mendatang.

Konon, chip bikinan Oppo itu akan dibuat dengan proses fabrikasi 3nm dan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), pabrik yang juga memproduksi chip Qualcomm.

Oppo sendiri merupakan bagian dari perusahaan konglomerasi multinasional asal China, BBK Electronics, yang menaungi sejumlah merek smartphone lain, seperti Vivo, Realme, hingga OnePlus

Jika rencana Oppo untuk membuat chip sendiri benar terwujud, maka tidak menutup kemungkinan bahwa chip tersebut juga akan diadopsi oleh beberapa merek yang sudah disebutkan tadi.

Tahun lalu, President Business of Oppo China, Liu Bo, juga sempat sesumbar tentang rencana Oppo dalam membuat chip sendiri.

Liu Bo mengatakan bahwa Oppo akan memulai dengan menggandeng sejumlah mitra untuk merancang dan memproduksi chip smartphone buatannya itu.

“Dalam mengembangkan teknologi chip, hal ini dapat menjadikan teknologi tersebut sebagai nilai penting bagi pertumbuhan kami (Oppo) di masa depan,” kata Liu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (28/10/2021), kabar yang beredar menyebutkan bahwa Oppo sudah merekrut engineer dari pabrikan chip seperti Qualcomm dan MediaTek sejak 2019.

Dua perusahaan tersebut selama ini memasok aneka produk chip bikinannya untuk dipakai di smartphone Oppo. Samsung juga bermitra dengan Oppo dalam hal itu.

Baca Juga :   Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Membuat chip sendiri untuk ponsel sebenarnya bukan hal baru karena sudah lebih dulu dilakukan oleh sejumlah vendor, yakni Apple (A Series), Samsung (Exynos), Huawei (Kirin), dan Google (Tensor).

Selain Oppo, pabrikan China lainnya, Xiaomi, kabarnya juga sedang mengembangkan chip buatan sendiri untuk dipakai di ponselnnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar