Cara Menyembunyikan File dan Aplikasi di HP Samsung agar Aman dari Tangan Jahil

masihnyata.com – Smartphone kini menjadi perangkat andalan orang-orang untuk menunjang aktivitas, termasuk menyimpan beragam file atau dokumen penting.

Untuk mengamankan file dan dokumen tersebut, pengguna bisa menggunakan fitur keamanan yang tersedia seperti penggunaan password untuk folder, menyembunyikan folder, atau cara lainnya.

Pengguna ponsel Samsung bisa memanfaatkan fitur yang disebut “Secure Folder”. Fitur ini merupakan ruang yang aman dan tersembunyi di HP samsung dan dilindungi oleh platform keamanan Samsung Knox.

Pengguna bisa memakai Folder Secure untuk melindungi aplikasi dan data penting melalui penerapan autentikasi biometrik atau kata sandi.

Pada dasarnya Folder Secure ini dapat menyimpan salinan aplikasi dan dilindungi sistem keamanan Samsung.

Aplikasi yang ditaruh dalam Secure Folder akan tetap tersedia di menu utama ponsel. Hanya saja, isi kontennya akan berbeda.

Misalnya pengguna memasukkan aplikasi Samsung Notes ke dalam Secure Folder. Nah, konten yang dibuat di Samsung Notes dalam Secure Folder tidak akan bisa dilihat di aplikasi Samsung Notes yang ada di menu utama ponsel.

Dengan menggunakan fitur ini, folder maupun dokumen dan aplikasi pengguna ponsel Samsung akan aman dari akses ilegal.

Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia pada ponsel Samsung. Bagi Anda pengguna Samsung yang ingin menggunakan fitur Folder Secure untuk menyembunyikan file di ponsel, berikut caranya.

Cara membuat Secure Folder

    Buka menu Settings (Pengaturan)

    Pilih menu Biometrics and security,

    Pilih Secure Folder. Bila tak menemukannya, Anda juga bisa melakukan pencarian langsung pada kolom pencarian di menu Samsung

    Klik Continue (Lanjutkan)

    Tunggu hingga proses pembuatan Secure Folder selesai

    Atur fitur keamanan yang akan digunakan, misalnya dengan memakai PIN, kata sandi atau pola

    Ikuti petunjuk yang tertera hingga pilihan Anda terkonfirmasi

Baca Juga :   Selisih Rp 700.000, Ini Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A23 4G vs A23 5G di Indonesia

Dari serangkaian proses tersebut, Anda akan menemukan Secure Folder di deretan aplikasi atau Home. Beberapa aplikasi sudah ditentukan oleh Samsung agar masuk ke Secure Folder. Mayoritas merupakan aplikasi bawaan Samsung seperti Notes, Galeri, dan sebagainya.

Selanjutnya, untuk membuka Secure Folder Anda harus menggunakan fitur keamanan yang sudah diatur sebelumnya.

Pengguna juga bisa menambahkan file maupun aplikasi dari Secure Folder dengan cara berikut.

Cara menambahkan aplikasi ke Secure Folder

    Buka Secure Folder

    Klik ikon “+” (Plus)

    Centang aplikasi yang ingin ditambahkan ke Secure Folder dan klik Add (Tambah)

Cara menambahkan file ke Secure Folder

    Pilih file yang akan dipindahkan ke Secure Folder, misalnya foto atau video di Galeri

    Klik ikon tiga titik pada file terkait

    Pilih opsi Move to (Pindah ke) Secure Folder

    Dengan begitu file tersebut akan beralih ke folder khusus tersebut dan tidak akan tampil pada folder sebelumnya atau di Galeri

Bila Anda urung memindahkan file tersebut, Anda bisa melihat file di Secure Folder dan pilih opsi Move out (Pindah) dari Secure Folder.

Adapun untuk memindahkan aplikasi dari Secure Folder, Anda bisa menahan (Hold) aplikasi, kemudian pilih opsi uninstal. Meski di-uninstal, salinan aplikasi di menu Home masih tetap tersedia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga :   Gimbal DJI Osmo Mobile 6 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar