7 Tips Foto Keluarga dengan Smartphone untuk Lebaran 2022

masihnyata.com – Lebaran Idul Fitri menjadi momen berharga bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga. Salah satu kegiatan yang tak boleh ketinggalan adalah melakukan foto bersama keluarga.

Meskipun Anda tidak memiliki kamera untuk menghasilkan foto keluarga yang bagus, Anda dapat memanfaatkan kamera smartphone untuk berfoto bersama.

Agar hasil foto keluarga dengan smartphone tidak kalah dengan menggunakan kamera, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa sajakah itu? Berikut ini lima tips foto keluarga dengan smartphone untuk lebaran 2022.

Pastikan kamera smartphone bersih dan tidak ada noda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan baik kamera belakang atau depan bersih tidak ada noda apapun. Hal ini dikarenakan smartphone yang memiliki intensitas penggunaan yang tinggi, terkadang membuat pengguna kurang memperhatikan kebersihan layar kamera.

Noda-noda tersebut biasanya berasal dari bekas sidik jari pengguna sendiri. Maka dari itu bersihkan bagian kamera sebelum memotret agar kualitas gambar tidak buram.

Perhatikan pencahayaan

Selanjutnya adalah memperhatikan pencahayaan sebelum foto. Usahakan tidak menggunakan cahaya yang rendah dan tidak memakai flash smartphone. Jika melakukan foto dalam ruangan usahakan gunkan properti lighting yang ideal salah satunya menggunakan ring light.

Jika memungkinkan lebih baik berfoto menggunakan cahaya alami atau berada di luar ruangan. Adapun waktu yang tepat untuk berfoto di luar ruangan adalah setelah matahari terbit dan sesat sebelum matahari terbenam.

Potret dalan lanskap

Agar seluruh personil keluarga termuat dalam satu frame penuh di kamera smartphone maka gunakanlah mode potret dengan orientasi lanskap. Memotret dengan orientasi ini memungkinkan agar menangkap lebih banyak objek latar belakang dan foto menjadi lebih ceria dan bagus.

Baca Juga :   Memahami Fungsi Dasar Komputer dan Cara Menggunakannya dengan Baik

Gunakan mode HDR

High Dinamic Range (HDR) merupakan salah satu mode dalam kamera smartphone yang berfungsi untuk menghasilkan jangkauan pencahayaan yang dinamis.

Mode HDR dapat menciptakan keseimbangan warna yang lebih baik secara keseluruhan. Mode HDR cocok digunakan untuk pemotretan lanskap seperti foto bersama keluarga.

Adapun setiap kamera smartphone akan dibekali dengan mode HDR, umumnya mode ini dapat aktif secara otomatis saat akan melakukan pemotretan maupun mengaktifkannya secara manual.

Gunakan aturan sepertiga

Aturan fotografi sepertiga adalah teknik dalam fotografi yaitu cara memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar telihat lebih seimbang dan terlihat bagus secara visual.

Komposisi ini adalah menempatkan bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proporsional baik dalam posisi lanskap atau portrait.

Umumnya seluruh kamera secara otomatis memiliki fitur aturan fotografi seperti ini dan secara otomatis muncul saat akan membidik objek. Namun jika tidak ada, Anda dapat mengaktifkannya secara manual.

Berikut ini caranya:Buka kamera ponsel > klik menu tiga garis vertikal di kanan atas > pilih “Tampil garis bantu” Sebagai informasi, cara ini dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi 11T.

Menggunakan tripod

Salah satu properti lain yang dibutuhkan ketika foto keluarga adalah tripod. Tripod berfungsi untuk menopang bodi kamera saat akan memotret objek.

Menggunakan tripod bidikan kamera akan lebih stabil sehingga objek kamera yang tertangkap juga terpotret lebih ideal. Selain itu jarak pemotretan antara kamera smartphone dengan objek foto akan lebih ideal dan bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

Menggunakan remote shutter bluetooth

Meskipun setiap kamera smartphone akan dibekali fitur “timer” tidak ada salah menggunakan properti remote shutter bluetooth.

Baca Juga :   Tradisi Exynos Bakal Berakhir di Samsung Galaxy S23?

Remote ini berguna untuk menekan tombol bidik kamera dari jauh sehingga Anda dapat membidik kamera kapan pun saat pose sudah siap.

Adapun remote ini dapat didapatkan di berbagai marketplace dengan kisaran harga bervariasi mulai Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

Itulah beberapa tips foto bersama keluarga menggunakan smartphone untuk momen lebaran. Semoga membantu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://masihnyata.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://masihnyata.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar