7 Aplikasi Crypto yang Cocok Buat Pemula

Aplikasi Crypto yang Cocok Buat Pemula – Investasi Bitcoin, sebagai satu diantaranya type asset Crypto, kembali disukai sebagian orang. Bagaimana tidak, nilai asset ini bisa naik beberapa ratus % dalam kurun waktu satu tahun. Kondisi ini tentu membuat beberapa pemegang Bitcoin memperoleh untung berlipat-lipat.

Tercatat, nilai Bitcoin naik sampai 570 % sejauh 2020, dari US$8.440 pada awal tahun jadi US$29.000 di tahun akhir. Jika dijadikan rupiah, dengan anggapan kurs Rupiah Rp14.000 per US$, harga bitcoin naik dari sekitaran Rp 118 juta jadi sekitaran Rp406 juta per bitcoin.

Padahal pada 2012 lalu, atau tiga tahun sesudah bitcoin pertama kalinya dikeluarkan, harga masih US$ 5-7. Sekitaran Rp45.000 – Rp63.000 per kepingnya (anggapan bangku Rp9.000 per US$ waktu itu). Peningkatan harga yang fenomenal kan?

Berlanjut ke 2021, peristiwa laris-manis bitcoin masih bersambung. Permintaan yang tinggi pada Crypto ini membuat harga sentuh status paling tinggi selama hidup (all time high) di US$64.800 atau lebih dari Rp930 juta di awal April 2021.

Setelah sentuh titik paling tingginya, harga Bitcoin melorot cukup tajam dan di akhir April. Seperti asset yang lain, turun-naiknya harga Bitcoin benar-benar tergantung pada suplai and permintaan. Bitcoin yang dipandang seperti mata uang digital ini tidak ditata oleh bank sentra.

Satu hal yang penting dimengerti saat sebelum kamu menyimpan asetmu di Crypto ialah jika instrument ini jangan dipakai sebagai alat pembayaran. Maknanya, Crypto seperti Bitcoin jangan gantikan Rupiah sebagai mata uang sah, tetapi bisa diperjualbelikan sebagai asset investasi mirip emas misalkan.

Di Indonesia, transaksi bisnis asset Crypto memang legal dan dipantau oleh Tubuh Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sebuah instansi khusus yang ada di bawah Kementerian Perdagangan.

Investasi Bitcoin Melalui Platform Exchange (Program Crypto)

Buat kamu yang ingin coba melakukan investasi di crypto, proses jual-belinya dilaksanakan lewat basis exchange crypto atau yang sering dikatakan sebagai program Crypto.

Baca Juga :   Bitcoin dan Bitcoin Cash Rp434 Miliar Disita Polisi Jerman

Platform ini berperan seperti marketplace yang menghadapkan pedagang dan konsumen, transfer dan simpat asset Crypto . Maka basis ini memberikan fasilitas transaksi bisnis itu.

Cara ini pasti berlainan dibandingkan saat kita lakukan transaksi bisnis saham. Saat jual beli saham, investor perlu memakai jasa broker atau pialang yang hendak mewakilkan investor berbisnis di bursa.

Aplikasi Crypto yang Cocok Buat Pemula

Aplikasi Crypto yang Cocok Buat Pemula
Aplikasi Crypto yang Cocok Buat Pemula

Bappebti berkuasa untuk atur proses perdagangan Crypto digital di Indonesia. Ini ditata dalam Ketentuan Bappebti nomor lima tahun 2019 mengenai Ketetapan Tehnis Penyelenggaraan Pasar Fisik Asset Crypto di Bursa Berjangka.

Hingga awalnya 2021, ada 13 perusahaan asset Crypto di Indonesia yang mendapatkan ijin Bappebti. Perusahaan berikut yang sediakan basis exchange produk Crypto. Nach, dari 1.000 lebih tipe Crypto di dunia, Bappebti baru mengaku 229 Crypto di Indonesia.

Berikut ini ialah daftar 13 perusahaan penyuplai basis exchange Crypto yang berijin Bappebti, sekalian bernama aplikasinya:

1. PT Crypto Indonesia Karena (Tokocrypto)

2. PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)

3. PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku)

4. PT Pintu Ke mana Saja (Pintu)

5. PT Luno Indonesia Ltd (Luno)

6. PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)

7. PT Indonesia Digital Exchange (Idex)

Berbagai aplikasi itu bisa dipakai untuk beli Crypto. Sudah pasti, Crypto bukan hanya Bitcoin sama seperti yang kami bahas dalam artikel khusus berikut ini: Pisah Tentukan Investasi Crypto Alternative Bitcoin. Nach, berikut penjelasan ringkas 5 program salah satunya:

1. Indodax

Aplikasi ini mungkin ialah yang terpopuler untuk investor Crypto di Indonesia. Di Google Playstore saja, Indodax Trading Basis suah didownload oleh lebih dari 1 juta pemakai.

Indodax mensyaratkan minimum deposit sejumlah Rp500 ribu dengan pembayaran dapat lewat transfer bank atau dompet digital lainnya. Ada fee sebesar 0,3 % dalam tiap transaksi bisnis pemasaran atau pembelian.

Baca Juga :   CEO Triv: Koreksi Bitcoin Sangat Wajar

2. Tokocrypto

Tokocrypto sempat mendapatkan modal dari Binance, salah satunya basis exchange Crypto paling besar di dunia. Minimal deposit di Tokocrypto ialah Rp50 ribu dengan pembayaran lewat transfer bank dan dompet digital. Fee transaksi bisnisnya sebesar 0,01 %.

3. Rekeningku

Minimum deposit di Rekeningku sejumlah Rp 50 ribu dengan pembayaran lewat transfer bank atau dompet digital. Fee transaksi bisnis sebesar 0,1 %.

4. Pintu

Sama seperti yang lain, persyaratan mendaftarkan di Pintu cukup hanya isi data diri dan klarifikasi KYC. Minimal depositnya Rp50 ribu dengan pembayaran dapat lewat transfer bank atau dompet digital.

5. Luno

Untuk mendaftar di Luno, investor perlu lakukan verifikasi nomor handphone, isi data diri, dan lakukan klarifikasi dengan swafoto. Minimal deposit sejumlah Rp50 ribu dengan pembayaran transfer bank. Fee transaksi bisnisnya sebesar 0,08 % sampai 0,1 persen.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari MasihNyata.com di Google News

  • Tinggalkan komentar